Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
single-event-img-1

Tracer Study


Tentang Web Tracer Study


Evaluasi terhadap kualitas lulusan perguruan tinggi merupakan sebuah keharusan dalam rangka meningkatkan mutu lulusan dan wahana  korektif  atas  kebijakan  yang  diterapkan  dalam  suatu program studi. Stakeholder atau masyarakat pengguna lulusan perguruan tinggi akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan apabila harapan dan keinginan mereka tercapai melalui pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian mengenai keterampilan lulusan   sebagai   pekerja   sangat   dibutuhkan   untuk   mengerti spesifikasi kompetensi  dasar  lulusan  yang  diinginkan  oleh  pasar kerja. Alasan lainnya adalah kebutuhan institusi untuk memperoleh informasi, kebijakan atau permintaan dari pemerintah maupun industri. Studi tentang penelusuran lulusan umumnya disebut tracer study. Ada beberapa istilah yang sering digunakan yang memiliki pengertian hampir sama dengan tracer study, yaitu seperti graduate survey, alumni research, follow up study dan labor market signal.

Tracer study merupakan studi yang dilakukan terhadap lulusan perguruan tinggi yang terkait dengan transisi perguruan tinggi dan dunia kerja. Sasaran  studi  adalah lulusan  perguruan  tinggi  baik yang sudah bekerja pada suatu instansi maupun wirausaha atau yang belum bekerja. Tracer study juga merupakan perencanaan dan pengambilan keputusan pada institusi pendidikan, perencanaan alokasi sumber daya manusia baik di instansi pemerintah, swasta, maupun kalangan industri. Tracer study juga didefinisikan sebagai kesesuaian  antara  hasil  pendidikan  dengan  bidang  kerja,  dan tracer study merupakan informasi tentang suasana kerja dan kondisi responden pada saat masuk kerja. Penelusuran  terhadap  alumni juga  semakin  penting  ditengah  kompetisi  antar  perguruan  tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Setidaknya,  dengan adanya evaluasi lulusan tersebut maka dapat diketahui tingkat penyerapan pasar kerja terhadap lulusan, kesesuaian antara materi

kurikulum yang diajarkan dengan yang dibutuhkan pasar dan teridentifikasikannya agenda-agenda perbaikan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas lulusan. Oleh karena itu, lulusan INSTITUT KESEHATAN DELI HUSADA  dapat  bersaing  dengan  lulusan  dari  perguruan tinggi lain, baik secara lokal, nasional dan  bahkan internasional. Prodi di INSTITUT KESEHATAN DELI HUSADA  hendaknya dapat melakukan usaha yang semaksimal  mungkin  dalam  menyiapkan  lulusan  (alumni)  tidak hanya melalui sistem pendidikan yang berkualitas dan professional, namun juga melalui jaringan alumni yang efektif dan efisien.

Paduan tracer study melalui evaluasi lulusan perlu disiapkan secara matang oleh INSTITUT KESEHATAN DELI HUSADA adalah untuk mengidentifikasi kualitas lulusan, di samping itu juga untuk mengidentifikasi profil kompetensi alumni, mengetahui relevansi kurikulum yang diterapkan di INSTITUT KESEHATAN DELI HUSADA HUSADA dengan kebutuhan stakeholder dalam memberikan masukan pada pengembangan kurikulum, memperoleh gambaran kompetensi yang dibutuhkan pengguna lulusan serta memberikan masukan untuk akreditasi. Oleh karena itu dipandang perlu Buku Paduan Tracer Study INSTITUT KESEHATAN DELI HUSADA HUSADA  dapat terus melakukan secara berkesinambungan dalam mengidentifikasi mengenai profil lulusan mahasiswa INSTITUT KESEHATAN DELI HUSADA  sehingga dapat dijadikan acuan untuk pengembangan kurikulum dan sekaligus digunakan   sebagai   jaringan   alumni   untuk   memperoleh   data pekerjaan alumni.

http://traceralumni.delihusada.ac.id/tracer/register